JIKA MELAKUKAN HAL INI BERARTI ANDA MAKAN BERSAMA SYETAN

ADAB MAKAN

JIKA MELAKUKAN HAL INI BERARTI ANDA MAKAN BERSAMA SYETAN - Syetan pada dasarnya memang selalu hadir bersama manusia, kemanapun, dimanapun, sedang apapun dan kapanpun tetap menyertai manusia. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mengambl keuntungan dari semua perbuatan manusia demi keuntungan dirinya agar nanti bisa bersama-sama menghuni neraka.



Salahsatu cara yang syetan lakukan adalah ikut makan bersama manusia jika manusia lengah dan lupa atau tidak mengikuti cara-cara makan yang telah ditentukan dan diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.

1. Makan dengan cara mengambil dan memasukkan makanan dengan tangan kiri.
Makan dengan tangan kiri itu adalah kebiasaan cara makannya syetan. Olehkarena itu, sebaiknya kita makan dengan tangan kanan. Sedangkan tangan kiri biasa dipakai untuk bersuci setelah buang air kecil dan buang air besar, sehingga dikhawatirkan masih membawa virud atau bakteti dari kotoran.

2. Makan dan minum sambil berdiri.
Makan dan minum sambil berdiri itu kebiasaan buruk baik ditinjau dari segi etika maupun kesehatan. Rasulullah jelas-jelas telah melarang makan dan minum sambil berdiri. Karena ini kebiasaan syetan jg. Dan menurut hasil penelitian pakar kesehatan yang penasaran, kenapa Nabi Muhammaf melarang minum sambil berdiri, hasilnya sangat menakjubkan. Ternyata, jika kita makan atau minum tetutama, sambil berdiri, maka air minum itu tidak tertampung dulu oleh ginjal namun bablas ke saluran kemih. Dengan demikian, ginjal menjadi kekurangan cairan yang akibatnya, jika tetus demikian maka bisa terganggu fungsi ginjalnya.

3. Makan dan minum tanpa membaca bassmallah
Mengapa kita ketika memulai makan dan minum disyariatkan membaca bassmallah? Alasannya adalah karena syetan akan ikut makan sehingga syetan ikut kenyang atas makanan yang kita makan.

Demikianlah adab-adab  makan yang harus diperhatikan agar kita tidak makan bersama-sama syetan.

4. Jangan menyisakan makanan.
Menyisakan makanan adalah salahsatu perbuatan pemborosan. Kita tidak boleh  menyia-nyiakan rizki yang telah Allah berikan. Juga merupakan perbuatan mubazir. Sedangkan pemborosan dan mubazir adalah perbuatan syetan

Dan inilah hadits-hadits larangan dan anjuran Rasulullah dalam hal adab makan.

عَنْ عُمَرَ بْنَ أَبِي سَلَمَةَ يَقُولُكُنْتُ غُلَامًا فِي حَجْرِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَتْ يَدِي تَطِيشُ فِي الصَّحْفَةِ فَقَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا غُلَامُ سَمِّ اللَّهَ وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِي بَعْدُDari Umar bin Abu Salamah, berkata; Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wahai ananda, bacalah Bismilillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (HR. Bukhari; 4957)Diriwayatkan oleh Muslim dalamShahihnya, no. 2019, dari Jabir, dari Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda,لَا تَأْكُلُوْا بِالشِّمَالِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِالشِّمَالِ.“Jangan kalian makan dengan tangan kiri, karena sesungguhnya setan makan dengan tangan kiri.“Diriwayatkan oleh Muslim, no. 2020, dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِيْنِهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ.“Jika salah seorang kalian makan hendaklah dia makan dengan tangan kanannya, dan jika minum hendaklah dia minum dengan tangan kanannya, karena sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.“Ibnu Abdil Barr berkata, “Di dalam hadits ini terdapat dalil bahwa setan makan dan minum, bukanmajaz. Artinya, bahwa makan dengan tangan kiri disenangi oleh setan dan dia mengajak kepadanya.”عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِيَأْكُلْ أَحَدُكُمْ بِيَمِينِهِ وَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ وَلْيَأْخُذْ بِيَمِينِهِوَلْيُعْطِ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ وَيُعْطِي بِشِمَالِهِ وَيَأْخُذُ بِشِمَالِهِDari Abu Hurairah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hendaknya salah seorang dari kalian makan dengan tangan kanan, minum dengan tangan kanan, mengambil dengan tangan kanan dan memberi dengan menggunakan tangan kanannya, sesungguhnya setan makan dengan tangan kiridan minum dengan tangan kirinya serta mengambil (sesuatu) dengan tangan kiri.” (HR.Ibnu Majah; 3257).

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Pot Bunga Dari Handuk Bekas 2018

Lirik Lagu Boulevard - Dan Byrd Dan Terjemahannya|Weyaweyo 2018

Teresa Teng - Selamat Jalan Kekasih - Lirik Lagu Goodbye My Love versi Indonesia