Begini Cara Agar Kapasitas Penyimpanan Internal Ponsel Android Lega | Weyaweyo Blog 2018

Kali ini Weyaweyo Blog akan mengungkap tips trik cara mudah agar kapasitas penyimpanan internal ponsel android lega.

Cara mudah membuat kapasitas penyimpanan internal ponsel android menjadi lega
ilustrasi internal hp pada file manajer


     Saat ini,perkembangan teknologi gadget khususnya ponsel,sudah begitu mengalami kemajuan yang pesat dan signifikan. Namun, perkembangan teknologi tersebut tidak selalu berbanding lurus dengan kebutuhan. Termasuk kebutuhan penyimpanan data,baik itu berupa file foto,video,lagu dan file-file penting lainnya termasuk pemasangan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan si empunya ponsel.

     Kebutuhan sarana penyimpanan atau dalam hal ini memory internal pada sebuah ponsel,sudah berada pada tingkat kebutuhan primer,dalam arti kapasitas penyimpanan yang besar pada sebuah ponsel mutlak diperlukan. Apalagi saat ini vendor ponsel pintar  yang bersystem operasi (os)  Android,"dipaksa" untuk membuat ponsel dengan penyimpanan internal saja tanpa menyediakan slot penyimpanan eksternal. Walaupun masih ada beberapa vendor yang tetap melansir ponsel baru dengan dilengkapi slot penyimpanan eksternal berupa slot memory microSD.

     Bayangkan,jika kapasitas penyimpanan internal di sebuah ponsel itu hanya sebesar ratusan MB seperti pada ponsel-ponsel jadul atau paling banyak saat ini raya-rata 8GB saja, sedangkan gaya hidup dalam menggunakan ponsel itu semakin hari semakin menuntut penggunaan ponsel yang memiliki sarana penyimpanan  berkapasitas besar.

     Namun anda tidak usah khawatir,saat ini,seiring berjalannya waktu,maka kemajuan teknologi berhasil menciptakan sarana penyimpanan lain yakni berbentuk flash disk. Flash disk ini merupakan sarana penyimpanan eksternal selain SDcard yang biasa dipakai untuk komputer,laptop dan ponsel yang sudah mengadopsi teknologi USB OTG selain microSD untuk ponsel.

Tekinetdroid.blogspot.com
gambar usb otg,microsd dan usb flash disk


     Dengan bantuan kabel USB OTG ini,kita bisa menyimpan berbagai file layaknya pada microSD namun berada diluar ponsel atau dengan kata lain,flash disk yang dipakai menyimpan file tersebut tidak selalu terpasang didalam ponsel seperti kartu microSD,namun dihubungkan dengan kabel USB OTG jika sedang dibutuhkan atau kala mau kita pakai.

     Nah,selain menyimpan file di internal dan microSD, dengan kabel usb otg dan flash disk ini, anda bisa membuat penyimpanan internal ponsel anda menjadi lega.

     Lalu,bagaimana cara menggunakan usb flash disk ini? Mudah saja.
*catatan :
- cara ini bisa dilakukan hanya pada ponsel yang sudah mendukung USB OTG.
- Tanpa PC atau laptop
- Tanpa microSD

# Jika anda sudah menyimpan file penting anda berupa video,gambar,foto,aplikasi-aplikasi yang anda pasang langsung dari play store atau hanya berupa mentahannya saja (apk) pada ponsel android anda. Masukkan atau tancapkan ujung kecil kabel usb otg pada lobang usb atau sama dengan  lubang usb untuk charging. Lalu masukkan flash disk pada ujung usb otg satunya lagi.

# Buka menu pada ponsel anda lalu klik file manager (pada ponsel asus zenfone max yang saya pakai,sudah ada file manager bawaan) atau file manager fihak ke tiga pada ponsel anda.

# Klik penyimpanan internal. Klik folder file yang akan anda pindahkan. Misal,folder picture. Setelah terbuka,centang semua atau sebagian gambar yang akan dipindahkan.  Lalu klik tanda tiga titik vertikal di bagian sudut kanan atas. Pilih "pindahkan". Lalu klik penyimpanan eksternal. Setelah terbuka, anda bisa langsung klik OK pada bagian bawah kiri atau anda bisa membuat folder baru sesuai dengan jenis filenya atau folder "picture" atau "gambar" lalu klik OK lalu pilih folder yang sudah anda buat tadi lalu klik OK.



     Begitu pula jalankan proses yang sama untuk memindahkan file-file lainnya dari internal ponsel ke flash disk anda.

# Setelah semua proses pemindahan file tersebut selesai, klik ikon back sampai kembali ke user interface ponsel anda terbuka.

     Lalu jika anda ingin mencabut flash disk dan usb otg dari ponsel anda dengan aman,scroll down atau tarik layar ponsel anda dari atas ke bawah sampai nongol pilihan "buka" dan "lepas" eksternal muncul. Klik "lepas" lalu anda bisa mencabut usb dan flash disk anda dengan aman.

# Keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menyimpan file di flash disk dibandingkan dengan menyimpan di internal dan microSD adalah, file "serbaneka" ponsel anda menjadi lebih sedikit, yang jika file-file itu disimpan di internal maupun microSD, ukuran file serbaneka itu akan besar bahkan sampai bergiga-giga!

     Nah,itulah cara mudah agar kapasitas penyimpanan internal ponsel pintar anda lega. Selamat mencoba.





Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Pot Bunga Dari Handuk Bekas 2018

Lirik Lagu Boulevard - Dan Byrd Dan Terjemahannya|Weyaweyo 2018

Teresa Teng - Selamat Jalan Kekasih - Lirik Lagu Goodbye My Love versi Indonesia