Cara Mudah Menghapus Komentar Pada Blog | Weyaweyo Blog 2018

Cara mudah mengantisipasi dan menghapus komentar spam pada blog


Cara mengantisipasi dan menghapus komentar spam yang tidak diinginkan dengan mudah pada blog. Weyaweyo.blogspot.com

     Bagi Seorang Blogger,komentar dari pengunjung blognya itu salahsatu hal yang paling ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak,ada atau tidaknya komentar, atau sedikit banyaknya konentar,itu salahsatu tanda yang bisa menunjukkan bagus-tidaknya artikel yang ditulisnya. Atau menarik-tidaknya suatu artikel pada blognya. Lebih jauh lagi,bisa menunjukkan/tanda bahwa blog tersebut ramai atau sepi dari pengunjung.

    Orang atau pengunjung suatu blog atau situs, jika tertarik pada isi artikel,maka spontan akan memberikan komentar. Begitu juga pengunjung yang memiliki masalah yang ingin ditanyakan,juga akan melontarkan pertanyaan melalui kolom komentar yang pada umumnya telah disediakan oleh pemilik atau penulis artikelnya.

     Namun,tidak sedikit pengunjung suatu blog,memberikan komentar yang tidak ada kaitannya dengan isi artikel. Biasanya komentar-komentar itu berupa promosi barang dan jasa,promisi blog atau situs onlineshop,bahkan blog yang menyelenggarakan judi online,yang bisa digolongkan sebagai spamming.

     Komentar-komentar dari pengunjung blog bisa berdampak positif bahkan sebaliknya,negatif. Komentar yang berbau spam tentu sangat membahayakan kelangsungan sebuah blog atau situs. Terutama bagi blog yang akan atau sudah bekerjasama dengan pengiklan dan penyedia iklan semacam Google Adsense. Google Adsense sangan anti terhadap blog yang mngandung konten-konten berbahaya dalam anggapan Adsense karena menyangkut kepentingan pengiklan dan kenyamanan pengunjung blog pada umumnya.

     Antisipasi Terhadap Komentar Spam

     Jika kita tidak menghendaki komentar-komentar dari pengunjung blog kita yang bersifat spam,maka kita perlu melakukan langkah antisipasi.

     Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi komentar-komentar atau spamming pada blog. Diantaranya adalah :

Melalui setelan pada menu komentar.

     Masuklah pada dasbor blog anda. Klik atau pilih pengaturan lalu pilih menu Postingan,Komentar dan Berbagi. lihat gambar dibawah ini.


     Setelah anda klik,lihat sebelah kanan. Ada tampilan seperti gambar dibawah ini.


     Pada bagian yang dibubuhi angka 2, silahkan anda klik. Akan muncul beberapa opsi yang bisa anda pilih.



     Untuk kenyamanan dan kemudahan    pengunjung menuliskan komentarnya,pilih TERSEMAT. Seperti pada gambar. Kekurangannya,akan dengan mudah pengunjung mengomentari dengan komentar yang tidak diinginkan atau spam.

     Jika sebagai antisipasi,maka anda bisa memilih HALAMAN PENUH,JENDELA POP-UP dan SEMBUNYIKAN. Memilih menggunakan ke tiga (3) opsi ini,bisa meminimalisir atau mengurangi komentar dari pengunjung yang bersifat spam. Kelemahannya, tidak akan banyak pengunjung yang mengomentari artikel anda,bahkan jika dipilih opsi menyembunyikan kolom komentar maka tidak akan ada yang memberikan komentarnya.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Blog dan Daftar Adsense

     Langkah berikutnya menentukan siapa yang dapat mengomentari. Pada bagian ini sudah tersedia beberapa opsi. Sebagai langkah antisipasi,anda bisa memilih opsi "Pengguna Terdaftar","Pengguna Akun Google" dan "Anggota Blog Ini". Pengunjung yang bukan atau tidak termasuk ke tiga opsi ini otomatis akan kesulitan memberikan komentar.

     Langkah selanjutnya ada pada bagian Moderasi Komentar. Pada bagian ini pilihlah opsi SELALU. Maksudnya,jika ada komentar pada artikel blog anda,komentar dari pengunjung tidak serta merta atau langsung bisa muncul sebelum komentar itu anda ijinkan.

     Selanjutnya bagian verifikasi kata. Silahkan anda pilih YA.

     Langkah terahir pada bagian antisipasi komentar ini adalah membuat Pesan Formulir Komentar. Langkah ini adalah langkah antisipasif yang bijak dan lembut. Tujuannya agar si pengunjung hanya memberikan komentar yang baik atau positif saja. Kalimat yang bisa dituliskan pada formulir komentar tersebut contohnya : "silahkan komentari dengan sopan". Seperti terlihat pada gambar nomor 5.

     Menghapus komentar yang tidak diinginkan pada blog anda.

     Ada beberapa langkah mudah untuk menghapus komentar pada blog. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

 1. Menghapus komentar langsung dari blog

     Anda bisa langsung menghapus komentar pengunjung yang tidak anda inginkan dari kolom komentar pada blog anda.

   
     Dibawah artikel blog kita,bisa langsung   menghapusnya. Klik "hapus" seperti pada gambar yang dilingkari diatas.

2. Menghapus komentar dari dasbor blog

     Silahkan anda masuk ke dasbor blog anda. Klik menu komentar. Maka akan muncul deretan komentar seperti terlihat pada gambar dibawah.


     Pada gambar diatas anda bisa menghapus komentar yang anda anggap spam dengan cara pilih opsi "hapus" atau "spam".

     Demikianlah tatacara atau tutor mudah mengantisipasi dan menghapus komentar spam yang tidak diinginkan pada blog.

Comments

Post a Comment

Silahkan komentari dengan sopan dan sesuai tema terkait

Popular posts from this blog

Cara Membuat Pot Bunga Dari Handuk Bekas 2018

Lirik Lagu Boulevard - Dan Byrd Dan Terjemahannya|Weyaweyo 2018

Teresa Teng - Selamat Jalan Kekasih - Lirik Lagu Goodbye My Love versi Indonesia