5 Tahap Ngeblog Tanpa Kuota Internet | Weyaweyo 2018

Begini Cara Membuat Artikel Blog Tanpa Kuota Internet

Begini cara membuat artikel blog tanpa kuota internet
Ilustrasi Ngeblog Tanpa Kuota Internet


Ada saja kendalanya. Saat kita atau para blogger ingin posting artikel untuk blognya,eh tak terasa kuota internetnya habis.

Blogging atau dalam bahasa sederhananya ngeblog, memang gampang-gampang susah.Ada saja kendalanya. Mulai dari urusan sepele sampai urusan paling berat dalam ngeblog.

Kendala yang biasa atau paling tidak pernah dialami oleh para blogger dan yang saya alami sendiri adalah,ketika ide-ide sudah muncul di otak,tapi karena tidak ada sinyal,jaringan internet dari operator sedang blank atau jelek, sampai kehabisan batterey atau terlanjur kuota habis. Akibatnya ide-ide bahan penulisan artikelpun hilang sudah.

Namun di artikel kali ini,saya akan memaparkan bagaimana cara atau  mensiasati dalam membuat atau nenulis artikel untuk blog tanpa kuota internet.

Pada umumnya,seorang blogger akan memposting artikelnya langsung dengan cara membuka browser untuk masuk ke dasbor blogger,ketika terkoneksi dengan internet.

Ada beberapa cara agar kita bisa membuat dan mengunggah postingan di blog kita tanpa kuota internet. Simak tahap-tahapnya berikut ini.

1. Ngeblog atau blogging dengan ponsel pintar.

Cara ini digunakan agar kita lebih "mobile". Maksudnya agar kita bisa menulis ide-ide ke dalam sebuah artikel untuk blog kita dengan mudah tanpa harus membawa laptop atau notebook yang berat. Dengan menggunakan ponsel,anda bisa berpindah tempat kemanapun anda suka sambil mencari inspirasi. Sambil jalan-jalan untuk mengabadikan obyek-obyek yang siapa tahu bisa digunakan untuk bahan pendukung tulisan anda menggunakan kamera ponsel anda

Ilustrasi ponsel pintar. Sumber gambar: screenshot Detik.com


Tapi,kalau anda mau,silahkan menggunakan laptop anda. Jika dirasakan lebih nyaman menggunakan laptop untuk nenulis. Baik dengan laptop maupun dengan ponsel,masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pada umumnya,jika menulis artikel pada ponsel,kita tidak leluasa dalam mengedit bagian script html. Ada memang blog yang menulis tentang tutorial cara-cara mengedit html pada ponsel,namun sudah saya coba tidak work. Entah kalau sayanya yang kurang pintar..

2.Sebaiknya sebelum menulis,anda pasang dulu aplikasi pembuat catatan atau notepad. Banyak sekali aplikasi notepad atau catatan di play store. Silahkan anda pilih yang anda suka dan bagus menurut anda.

Dengan menulis di aplikasi notepad,kita tidak memerlukan koneksi internet ataupun kuota karena bisa dilakukan secara offline.

Kelebihan menulis dengan notepad pada ponsel pintar,kita dengan mudah menyalinnya atau dengan istilah "copas" alias copy  paste. Beda sekali misalnya kalau menulis konsep artikel di buku catatan atau buku tulis biasa. Semua tulisan harus ditulis atau diketik ulang. Ribet bukan?


3. Buatlah sebanyak mungkin artikel tersebut termasuk menyiapkan dan memasang gambar-gambar ilustrasi yang dibutuhkan langsung pada artikel-artikel yang kita buat. Oya,perlu saya beritahukan kalau saya menulis konsep artikel ini pada ponsel dengan aplikasi notepad WPS Note,seperti anda lihat gambarnya  diatas. Aplikasi ini mendukung fitur-fitur menyerupai dashboard pada blogger. Anda bisa menyisipkan gambar atau foto di artikel yang anda tulis.

4. Tahap selanjutnya,setelah cukup banyak artikel yang anda buat, simpanlah sampai kemudian anda mengkopi dan mempastenya ke blog anda. Kunjungi tempat-tempat dimana wifi bisa anda temui. Misalnya di Grapari Telkomsel. Hanya dengan merogoh uang enam ribu rupiah,anda sudah bisa terkoneksi dengan internet selama enam jam. Dengan waktu sedemikian,cukup untuk memposting artikel-artikel yang sebelumnya anda buat dalam jumlah yang banyak.

Yang perlu anda perhatikan adalah ketahanan batteray ponsel anda. Biasanya di Grapari telah tersedia tempat untuk mencas ponsel atau laptop. Olehkarena itu,jangan lupa nembawa charger ponsel anda.

Bisa juga anda menggunakan saluran wifi milik sekolah. Kadang ada sekolah yang wifinya tidak diproteksi atau tanpa password.

Dengan wifi,anda tidak perlu memiliki kuota internet untuk ngeblog. Mudah bukan?

Postingan artikel menggunakan cara manual untuk publih sesuai kehendak
Ilustrasi publish artikel secara terjadwal


5. Upload atau unggah postingan artikel anda secara terjadwal. Maksud terjadwal disini adalah ketika artikel itu akan dipublish,pilih waktu publish secara manual bukan otomatis. Dengan cara manual,kita bisa mengatur kapan artikel tersebut terpublish. Meskipun artikel-artikel tersebut diposting pada hari yang sama,namun akan terpublish sesuai dengan waktu yang telah kita atur. karena, sebenarnya artikel tersebut sudah tersimpan di server Blogger.

Nah demikianlah cara-cara ngeblog tanpa kuota internet yang bisa saya berikan. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi dan pencerahan bagi kegiatan blogging anda.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Pot Bunga Dari Handuk Bekas 2018

Lirik Lagu Boulevard - Dan Byrd Dan Terjemahannya|Weyaweyo 2018

Teresa Teng - Selamat Jalan Kekasih - Lirik Lagu Goodbye My Love versi Indonesia