9 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan 

Kacang hijau adalah bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung manfaat untuk mencegah 9 penyakit
Kacang hijau

Semua orang pasti mendambakan tubuh yang sehat. Dan sehat itu bisa didapatkan salahsatunya dengan mengkonsumsi bahan makanan yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Salahsatu bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi yang baik bagi tubuh adalah kacang hijau.

Kacang hijau bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Bisa menjadi dodol,susu,kue kering,dan sebagai isian roti.

Kandungan gizi kacang hijau:


KANDUNGAN GIZI
Jumlah Per 
Kalori (kcal) 347
Jumlah Lemak 1,2 g
Lemak jenuh 0,3 g
Lemak tak jenuh ganda 0,4 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,2 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 15 mg
Kalium 1.246 mg
Jumlah Karbohidrat 63 g
Serat pangan 16 g
Gula 7 g
Protein 24 g
Vitamin A114 IUVitamin C4,8 mg
Kalsium132 mgZat besi6,7 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60,4 mg
Vitamin B120 µgMagnesium189 mg

Khasiat kacang hijau:


Kacang hijau juga berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit. Berikut ini 9 daftar khasiat dari kacang hijau untuk pencegahan terhadap serangan penyakit,diantaranya adalah :

1. Mencegah penyakit jantung
Suatu studi mengungkapkan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan.

2. Mencegah kanker
Suatu penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.

3. Kaya protein
Berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.

5. Membantu menurunkan berat badan
Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.

6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)
Kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat.

7. Melancarkan pencernaan
Masyarakat India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

8. Mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat
Pengobatan tradisional cina meyakini bahwa kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen dan mempercantik kulit, karena kacang hijau mengandung phytoestrogen yang berkhasiat menunda penuaan.

9. Membersihkan tubuh dari racun
Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

Nah itulah 9 khasiat dan manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh manusia.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuat Pot Bunga Dari Handuk Bekas 2018

Lirik Lagu Boulevard - Dan Byrd Dan Terjemahannya|Weyaweyo 2018

Teresa Teng - Selamat Jalan Kekasih - Lirik Lagu Goodbye My Love versi Indonesia