Review Fungsi-Fungsi File Manager ZenUI Asus

Review Fungsi Aplikasi File Manager ZenUI Asus



Selamat datang dan selamat jumpa lagi dengan blog weyaweyo. Sudah lama weyaweyo tidak menghadirkan artikel tutor,tips dan trik serta review. Kali ini weyaweyo akan sajikan tentang review aplikasi. Aplikasi yang dimaksud adalah zenui File Manager.

Pada artikel review ini,weyaweyo akan memaparkan fungsi atau kegunaan dari file manager zenui. Bagi user atau pengguna ponsel pintar buatan vendor ternama asal Taiwan ini tentu sudah akrab dan tidak asing lagi.

ZenUi file manager ini adalah aplikasi bawaan yang ada pada semua ponsel pintar asus,baik pada seri zenfone maupun seri-seri lainnya termasuk padfone dan tablet fonepad.

Terus terang saja,saya sangat kagum dengan file manajer zenui ini. File manajer zenui ini memiliki fungsi atau kegunaan yabg lumayan banyak. Dan menariknya,meskipun file manajer ini merupakan aplikasi bawaan zenfone series namun bisa juga dipasang dan digunakan pada ponsel pintar merek lain.

Berikut ini fungsi-fungsi dari zenui file manager Asus:


1. Mengekstrak file
2. Mengzip file
3. Memindahkan berbagai file dari memory internal ke memory eksternal dan sebaliknya.
4. Membagikan file mentah aplikasi/apk,dan lain-lain
5. Berfungsi sebagai reader untuk file pdf dan html.
6.menyembunyikan berbagai file atau konten

Cara mengekstrak file zip dengan zenui file manager.


Fungsi atau kegunaan file manager ZenUI Asus ini yang pertama adalah mampu mengekstrak atau merubah file zip menjadi berbagai jenis file. Misal,file mp3 dalam bentuk zip bisa diekstrak kembali menjadi mp3. Dan lain-lain file.

Tidak sedikit file-file yang ada di internet atau web baik yang diunduh maupun dishare melalui sosial media seperti facebook maupun instant messenger itu berupa file zip.

Langkah-langkah cara mengekstrak file zip dengan file manager zenui Asus sebagai berikut: buka aplikasi file manager zenui Asus. Jika file yang ada pada smartphone itu hasil unduhan,silahkan buka pada folder download. Pilih file dimaksud dengan cara mengkliknya. Maka otomatis muncul pop up untuk mengekstrak file zip tersebut. Klik saja kolom "ekstrak". Misalnya file yang anda unduh itu merupakan file lagu mp3,maka hasil ektrakannya berupa mp3. Mudah bukan?

Cara merubah file ke dalam bentuk zip


Setelah Anda mengetahui cara mengekstrak file zip,kali ini Anda akan saya bawa ke cara merubah suatu file menjadi zip. 

Fungsi ini diperlukan saat kita mau membagikan file di media sosial dengan ukuran yang besar. File berukuran besar tersebut bisa dikompress dengan cara diubah menjadi file zip. Juga bisa untuk menyembunyikan file rahasia yang tidak ingin diketahui oranglain. Misalnya file berupa video. Video yang isinya tidak ingin ditonton oranglain bisa disimpan pada smartphone dengan merubahnya dengan cara dizip. Video dalam bentuk file zip jika diklik tidak akan serta merta atau otomatis diputar sebagai video. Berbeda jika video tersebut masih berupa file video format mp4 misalnya. Maka video tersebut selain bisa diputar dengan aplikasi video player,bisa juga diplay dengan player video yang terintegrasi dengan galeri,baik itu galeri bawaan maupun galeri buatan fihak ke tiga. Dan bisa juga diputar dengan aplikasi audio video player,misalnya aplikasi google music player.

Lalu,bagaimana cara merubah suatu file menjadi file format zip? Caranya sangat mudah ya. Dan ini kebalikan dari cara mengekstrak file seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Apapun filenya bisa anda ubah jadi zip. Misal mp3. Klik file lagu mp3 pada folder musik jika mp3 ini anda taruh di folder khusus mp3. Jika file mp3 ini hasil unduhan maka buka saja folder unduhan pada file manager zenui Asus ini. Lalu  tap tahan file mp3 tersebut sampai berubah menjadi terceklis.lalu klik tanda titik dipojok kanan-atas file manajer. Lalu klik atau pilih "ekstrak". Maka secara otomatis file mp3 tersebut menjadi file zip yang tersimpan di folder tersendiri.jangan lupa,sebelum klik ok,beri judul file tersebut sesuai nama filenya.

Untuk mengetahui fungsi-fungsi file manajer zenUI lainnya,silahkan Anda unduh dulu dari Play Store.

Comments

Post a Comment

Silahkan komentari dengan sopan dan sesuai tema terkait

Popular posts from this blog

Cara Membuat Pot Bunga Dari Handuk Bekas 2018

Lirik Lagu Boulevard - Dan Byrd Dan Terjemahannya|Weyaweyo 2018

Teresa Teng - Selamat Jalan Kekasih - Lirik Lagu Goodbye My Love versi Indonesia